Bagian, Cara Kerja Dan Cara Memelihara Kesehatan Lidah

Written By Unknown on Monday 7 September 2015 | 22:04

Bagian, Cara Kerja Dan Cara Memelihara Kesehatan Lidah - Lidah merupakan alat indra pengecap. Lidah memiliki fungsi sebagai indra pengecap, pengatur letak makanan di dalam mulut, dan sebagai alat bantu bicara.
  1. Bagian-Bagian Lidah
  2. Lidah terletak di dalam mulut. Permukaan lidah kasar karena pengaruh bintil-bintil yang disebut papila. Pada papila terdapat saraf pengecap. Lidah merupakan otot yang tebal. Pada pangkal lidah terdapat kelenjar limfa.Permukaan lidah berlapiskan selaput yang berlendir.
    Pada lidah terdapat kuncup pengecap rasa yang memiliki fungsi berbeda-beda. Perhatikan kepekaan kuncup lidah pada gambar di samping!
    Pada saat pilek indra pengecap dan pembau terganggu sehingga kita tidak dapat mencium dan merasakan aroma makanan. Antara indra pengecap dan pembau terjadi kerja sama yang mempengaruhi nafsu makanan dan produksi air liur.
    Pada saat kita menelan air yang masih panas, permukaan lidah seperti menebal. Lidah menjadi kurang peka terhadap rasa manis, asam, asin, atau pahit. Hal itu disebabkan ujung-ujung saraf pengecap yang tersebar di permukaan lidah terganggu oleh air panas.
  3. Cara Kerja Lidah
  4. Makanan dan minuman yang masuk kedalam mulut memberi rangsangan ke ujung-ujung saraf pengecap. Rangsangan dari makanan tersebut kemudian diteruskan ke otak. Dengan demikian, kita dapat mengecap/merasakan makanan dan minuman itu.
  5. Memelihara Kesehatan Lidah
  6. Penyakit yang biasanya menyerang lidah adalah sariawan. Sariawan mengakibatkan lidah memerah dan tampak terluka. Penyakit ini dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi vitamin C.
    Kesehatan lidah harus dijaga agar kita dapat merasakan dengan baik. Hal-hal yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.
    • Hindari makan-makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin.
    • Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut.

Blog, Updated at: 22:04

0 komentar:

Post a Comment