Pengertian Ilmu Dalam Menjual

Written By Unknown on Monday 7 September 2015 | 22:28

Pengertian Ilmu Dalam Menjual - Menjual dapat dikatakan sebagai ilmu, karena mendidik kita secara teoretis dan melaksanakannya dalam praktik. Jadi, antara teori dan praktik merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan, sebab praktik tanpa teori akan menemui berbagai kesulitan, dan bahkan mungkin akan gagal. Demikian pula teori tanpa praktik tak akan ada manfaatnya. Sebenarnya definisi penjualan itu cukup luas, beberapa ahli menyebutnya sebagai ilmu dan beberapa yang lain menyebutnya sebagai seni. Pada pokoknya, istilah ilmu menjual menjual dapat diartikan: “ilmu menjual adalah ilmu dan seni memengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan”. Dalam melakukan penjualannya, penjual dituntut untuk memiliki bakat seni serta keahlian untuk memengaruhi orang lain. Adapun pengertian ilmu menjual menurut beberapa tokoh antara lain sebagai berikut.
  1. J.S. Konox.
  2. Ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk memengaruhi orang supaya mau membeli barang-barang yang ditawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski sebelumnya tak terpikiran oleh calon pembeli untuk membeli barang itu tetapi akhirnya tertarik untuk membeli.
  3. K.B. Hass dan E.C. Perry
  4. Ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang ditawarkan untuk saling menguntungkan.
  5. Kho Hwat Yoe.
  6. Ilmu menjual adalah suatu seni dalam dagang dan hidup untuk dapat memengaruhi orang-orang supaya berpikir, merasakan, dan melakukan kehendak atau keinginan kita, sehingga mereka merasa mendapatkan untung jika membeli barang yang ditawarkan.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa, ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk memengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski sebelumnya tak terpikiran oleh calon pembeli untuk membeli barang itu tetapi akhirnya tertarik untuk membeli barang itu.
Seni menjual diartikan sebagai suatu usaha mencapai hasil yang di inginkan dengan jalan menggunakan kepandaian ilmu menjual, mungkin karena seseorang itu sudah mempunyai bakat sejak kecil.
Salesman are born mode artinya seorang penjual yang behasil karena ia telah dikaruniai suatu bakat istimewa sejak lahir untuk menjadi penjual yang berhasil. John Wanemaker salah satu bapak marketing mempunyai paham service principle mengatakan bahwa: “Berikanlah servis yang terbaik dan kualitas yang bermutu, maka dengan sendirinya pasar akan tumbuh di depan rumah anda”.

Blog, Updated at: 22:28

0 komentar:

Post a Comment