7 Waktu Paling Tepat Untuk Minum Air Putih

Written By Unknown on Tuesday 15 December 2015 | 17:07

7 Waktu Paling Tepat Untuk Minum Air Putih - Berkaitan dengan air putih, tentu Anda familiar dengan ungkapan bahwa Anda harus minum 8 gelas air sehari. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, sebab air akan membuat tubuh Anda berfungsi sebagai mestinya. Air juga akan menghindarkan Anda dari dehidrasi yang bisa membuat Anda menderita penyakit kronis karena 70% bagian tubuh sendiri terdiri dari air.

Selain kuantitas air yang Anda minum, ternyata ada waktu-waktu tertentu pula yang harus Anda perhatikan untuk minum air putih. Dilansir dari indiatimes.co, berikut adalah daftarnya.

1. Saat bangun tidur pagi hari

Ingin tubuh yang lebih sehat dan bugar? Kuncinya terletak pada kebiasaan Anda di pagi hari.

Salah satu kebiasaan sehat yang harus Anda terapkan di pagi hari adalah minum air putih setidaknya 1-2 gelas. Kebiasaan ini bermanfaat untuk menghapus semua racun yang ada dalam sistem tubuh Anda. Dengan minum air putih, Anda juga bisa terhindar dari dehidrasi karena tidur semalaman. Agar air putih yang Anda minum lebih sehat, Anda bisa menambahkan berbagai macam ramuan sehat di dalamnya seperti lemon, madu, dan kayu manis. Serta lebih baik lagi jika air yang Anda minum adalah air hangat.

2. Setengah jam sebelum makan

Menjalankan pola makan sehat mampu menjadi kunci utama agar berat badan turun dengan sehatnya. Selain konsumsi banyak makanan sehat dan kaya serat, ternyata minum air putih setengah jam sebelum makan bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Alasannya, air akan mengurangi rasa lapar Anda sehingga Anda dapat terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.

Selain alasan tersebut, minum air sebelum makan juga mampu mempersiapkan perut Anda untuk mendapatkan kiriman makanan dari luar. Sehingga lambung dan usus Anda menjadi tidak kaget saat menerima makanan.

3. Saat ingin ngemil

Ngemil menjadi hal yang sangat membahayakan untuk berat badan. Sebab jika Anda ngemil dan tidak terkontrol, berat badan bisa naik secara drastis.

Salah satu solusi yang bisa Anda coba agar Anda tidak ngemil secara berlebihan adalah dengan minum air. Sebab sinyal tubuh yang kelaparan sangat mirip dengan sinyal Anda saat kehausan. Setelah minum air, tunggu sekitar 10 menit untuk memastikan apakah Anda memang benar-benar lapar atau haus. Sehingga jika setelah minum Anda merasa kenyang, maka Anda bisa terhindar dari acara ngemil yang tidak perlu.

4. Saat merasa lelah

Anda merasa lelah siang ini? Itu tandanya Anda harus minum air putih.

Sebagian besar otak Anda yaitu sekitar 75% terdiri dari air dan hal ini berarti bahwa Anda harus memperhatikan konsumsi air Anda agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat Anda merasa lelah. Oleh karena itu selalu sediakan segelas air baik di meja kerja atau kemanapun Anda berada. Sehingga Anda bisa langsung minum saat Anda merasa haus dan lelah.

5. Saat di siang hari

Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan jumlah tersebut, ada teknik minum tersendiri yang bisa Anda terapkan. Teknik pertama adalah minum lebih dari 4 gelas air pada siang hari. Sisanya bisa Anda lanjutkan di malam hari. Pembagian ini bertujuan agar Anda tidak sering kencing di malam hari saat Anda tidur. Sebab jika Anda sering kencing di waktu tidur, maka otomatis waktu tidur Anda akan terganggu.

6. Sebelum dan sesudah olahraga

Adalah sangat penting untuk terhidrasi ketika Anda olahraga. Sebab tubuh Anda membutuhkan air untuk mengangkut semua nutrisi yang diperlukan untuk pergerakan otot.

Selain manfaat tersebut, minum banyak air juga penting untuk mencegah Anda kelelahan selama olahraga. Sebab ketika olahraga, tubuh Anda bekerja begitu keras dan Anda bisa dehidrasi jika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik.

*7. Saat sakit, hamil, atau menyusui

Ketika Anda sakit, sedang hamil, atau menyusui adalah beberapa momen yang tepat untuk menambah asupan cairan di dalam tubuh Anda. Sebab aktivitas tersebut sangat menguras cadangan air dalam tubuh Anda.

Ketika sakit, Anda butuh banyak air untuk memperbaiki sel dan menyembuhkan tubuh secara mandiri. Sedangkan saat Anda hamil atau menyusui, air diperlukan untuk menggantikan cairan tubuh yang terserap.

Jadi, Anda ingin agar manfaat air putih lebih terasa maksimal di tubuh? Usahakan untuk banyak minum air di jam tersebut ya

Blog, Updated at: 17:07

0 komentar:

Post a Comment