Sayur Dan Buah Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Written By Unknown on Monday 28 December 2015 | 22:45

Sayur Dan Buah Yang Mengandung Kalsium Tinggi - Kalsium merupakan salah satu mineral yang jumlahnya paling banyak diantara mineral-mineral lainnya yang terkandung dalam tubuh kita. Kalsium sangat berguna dalam membantu pertumbuhan, terutama pada bagian tulang, untuk mencegah tulang keropos, dan membantu memperkuat struktur tulang kita.

Tubuh manusia memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda, tergantung usianya. Kebutuhan kalsium tertinggi ada pada wanita dewasa yang berusia 51 – 71 tahun, dengan rata-rata membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari nya. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia kita, maka kalsium yang ada di dalam tubuh akan semakin menurun kandungannya.

Lalu bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan kalsium sehari –hari? Ternyata tidak sulit, bahkan bahan-bahan makanan yang biasa kita konsumsi, ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak bisa dianggap remeh.

Berikut daftar sayur dan buah  yang mengandung kalsium tinggi :

SAYUR-SAYURAN

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Bayam biasa diolah menjadi sayur bening atau sup, sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak main-main. Bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang tentu saja akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari.

2. Lobak

Lobak menghasilakn 200 mg kalsium per batang, yang akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan kalsium anda sehari-hari. Sayuran yang biasa ditemui pada masakan soto atau acar ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi pemenuhan kalsium anda sehari-hari.

3. Kol

Jenis sayuran yang bisa kita temukan dalam sup, cap cay, siomay dan berguna sebagai makanan rendah kolesterol. Kol atau kubis ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 90 mg kalsium.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang digemari oleh masyarakat luas. Seperti kebanyakan sayuran hijau lainnya yang memiliki serat tinggi, banyak juga dikonsumsi sebagai makanan untuk diet sehat. Disamping itu, brokoli ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebanyak 180 mg.

5. Bokchoy

Bokchoy merupakan sayuran hijau yang mirip seperti daun sawi. Memiliki kandungan serat yang tinggi, bokchoy juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 74 mg.

6. Kangkung

Sayuran hijau memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kangkung, selain memiliki serat yang tinggi, juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan sangat baik bagi konsumsi sehari – hari.

BUAH-BUAHAN

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang terkenal akan vitamin C nya. Namun, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam satu buahnya, yaitu sebanyak 65 mg kalsium.

2. Buah Ara

Buah ara mungkin kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun, buah ara merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 107 mg kalsium per 2 buahnya.

3. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang sangat bermanfaat. Memiliki kandungan mineral yang sangat banyak, antara lain kalium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak keunggulan. Selain baik untuk kesehatan kulit, dan memiliki banyak sekali vitamin yang terkandung, buah alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium anda dalam sehari-hari

Blog, Updated at: 22:45

0 komentar:

Post a Comment