Bagian, Cara Kerja, Dan Cara Merawat Kulit

Written By Unknown on Tuesday 22 September 2015 | 13:20

Bagian, Cara Kerja, Dan Cara Merawat Kulit - Kulit merupakan indra peraba. Kulit berfungsi sebagai indra peraba dan pelindung tubuh. Indra peraba meliputi reseptor saraf yang peka terhadap sentuhan panas, dingin, tekanan, dan rasa nyeri.
  1. Bagian-Bagian Kulit.
  2. Kulit tebagi atas 2 lapisan, yaitu sebagai berikut.
    • Epidermis
    • Lapisan epidermis tersusun atas kulit ari dan lapisan malphigi. Kulit ari tersusun atas sel-sel mati yang selalu mengelupas dan digantikan oleh sel-sel dibawahnya. Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bakteri dan menguapnya air dari tubuh. Lapisan malphigi tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri. Pada lapisan epidermis juga terdapat pori-pori tempat pelepasan keringat.
    • Dermis
    • Pada lapisan dermis terdapat jaringan lemak, kelenjar keringat, saluran keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, akar rambut, dan reseptor indra peraba (badan Pacini/tekanan, badan Krause/dingin, badan Meisner/sentuhan, dan badan Ruffini/panas).
  3. Cara Kerja Kulit.
  4. Sentuhan yang kita lakukan terhadap semua benda menghasilkan rangsangan. Rangsangan itu diterima oleh reseptor kulit. Kemudian rangsangan ini diteruskan oleh reseptor ke otak. Dengan demikian, kita dapat meraba suatu benda.
  5. Kelainan dan Cara Merawat Kulit.
    • Kelainan pada kulit.
    • Macam-macam penyakit yang dapat menyerang kulit adalah sebagai berikut.
      1. Jerawat timbul akibat ketidakseimbangan hormon dan kulit yang kotor. Kotoran yang menyumbat pori-pori menimbulkan jerawat.
      2. Panu disebabkan oleh jamur yang hinggap di kulit. Panu tampak sebagai bercak atau bulatan putih dikulit disertai rasa gatal. Panu timbul karena penderita tidak menjaga kebersihan badan.
      3. Kadas tampak sebagai bulatan putih bersisik. Terlihat jelas batas pada tepi bulatan. Kadas menimbulkan rasa gatal. Kadas disebabkan oleh jamur.
    • Cara merawat kulit.
    • Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah dihinggapi jamur dan kotoran lain Oleh karena itu, kebersihan kulit harus selalu dijaga.
      Hal-hal yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.
      1. Mandi dua kali sehari.
      2. Mencuci kaki dan tangan sebelum tidur.
      3. Makan-makanan yang banyak mengandung vitamin E.

Blog, Updated at: 13:20

0 komentar:

Post a Comment