Pengertian Administrasi Keuangan

Written By Unknown on Tuesday 1 September 2015 | 21:50

Pengertian Administrasi Keuangan - Administrasi keuangan dapat dilihat dalam dua pengertian yaitu sebagai berikut.
  1. Administrasi keuangan dalam arti sempit yaitu segala pencatatan masuk dan keluarnya keuangan untuk membiayai suatu kegiatan organisasi kerja yang berupa tata usaha atau tata pembukuan keuangan. 
  2. Administrasi keuangan menurut arti luas yaitu kebijakan dalam pengadaan dan penggunaan keuangan untuk mewujudkan kegiatan organisasi kerja yang berupa kegiatan perencanaan, pengaturan pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa administrasi keuangan adalah sebagai tata penyelenggaraan keuangan dalam pelaksanaan anggaran belanja negara. Administrasi keuangan meliputi kegiatan perancanaan, penggunaan, pencatatan, laporan, dan pertanggungjawaban dana yang dialokasikan untuk menyelenggarakan pendidikan.
Dalam administrasi keuangan ada pemisahan tugas dan biasanya dikelola oleh bendaharawan yang melakukan pembukuan sesuai dengan aturan yang berlaku. Administrasi keuangan ini ada di tangan urusan administrasi, sedangkan bendaharawan ditunjukan ditunjuk sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Tujuan administrasi keuangan sekolah adalah mewujudkan:
  1. Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan secara efisien, 
  2. Terjaminya kelangsungan hidup dan perkembangan sekolah, 
  3. Tercegahnya kekeliruan, kebocoran atau penyimpangan penggunaan dana, 
  4. Terjaminnya akuntabilitas perkembangan sekolah
Pengelolaan administrasi keuangan Administrasi sebagai suatu kegiatan bersama yang terdapat di setiap perusahaan, selama ada wirausahawan yang ingin berhasil dan pendukung dalam mengingatkan usaha / bisnis. Keuangan dipergunakan untuk modal operasional perusahaan, baik untuk produksi, biaya-biaya produksi, membeli bahan baku , promosi dan pemasaran, penjualan, tenaga kerja, dan lain-lain.
Fungsi keuangan dalam bisnis menitikberatkan kepada upaya menjaga sirklasi arus uang didalam kegiatan usaha supaya tetap stabil. Seseorang mengelola usaha perlu mengadministrasikan keuangan perusahaan antara lain sebagai berikut:
  1. Menerima , menyiapkan uang, serta menyiapkan administrasinya. 
  2. Menyiapkan bukti-bukti yang lengkap mengenai penerimaan dan pengeluaran uang sesuai dengan peraturan. 
  3. Menyusun laporan kas. 
  4. Meneliti kelengkapan dan kebenaran bukti-bukti pembukuan keuangan. 
  5. Menata dan mengatur administrasi keuangan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku. 
  6. Menyimpan dan memlihara semua dokumen pembukuan secara teratur. 
  7. Menyiapkan dan menata keuangan berupa neraca dan berhitungan rugi/laba lengkap dengan penjelasan dan lampirannya.
Administrasi keuangan perusahaan berhubungan dengan catatan-catatan setiap adanya transaksi jual beli atau setiap adanya penerimaan dan pengeluaran uang kas. Diantara catatan-catatan tesebut tersebut selalu berhubungan dengan:
  1. Buku jurnal 
    • Jurnal penjualan 
    • Jurnal pembelian
    • Jurnal penerimaan kas 
    • Jurnal pengeluaran kas
  2. Buku besar 
  3. Buku piutang 
  4. Buku utang

Blog, Updated at: 21:50

0 komentar:

Post a Comment