Bagian, Cara Kerja Dan Cara Merawat Telinga

Written By Unknown on Monday 7 September 2015 | 15:44

Bagian, Cara Kerja Dan Cara Merawat Telinga - Telinga merupakan alat indra pendengar. Telinga digunakan untuk mendengarkan bunyi.
  1. Bagian-Bagian Telinga
  2. Perhatikan gambar telinga berikut ini!
    Telinga terdiri dari beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.
    • Telinga Luar
    • Telinga luar terdiri dari dua daun telinga, lubang telinga dan saluran telinga luar.
    • Telinga Tengah
    • Telinga tengah terdiri dari selaput pendengaran (gendang telinga), tulang-tulang pendengaran (tulang martil, landasan, sanggurdi), dan saluran eustachius. Saluran eustachius adalah saluran penghubung antara ruang telinga dengan rongga faring.
    • Telinga Dalam
    • Telinga dalam terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran, rumah siput, sakulus dan utrikulus, dan saraf pendengar. Saluran setengah lingkaran, sakulus, dan utrikulus merupakan alat keseimbangan tubuh. Sakulus dan utrikulus terletak dibawah saluran setengah lingkaran.
  3. Cara Kerja Telinga
  4. Daun telinga berfungsi untuk menangkap getaran bunyi. Getaran bunyi masuk kedalam lubang telinga. Apabila getaran bunyi masuk kedalam gendang telinga menggetarkan tulang-tulang pendengaran. Selanjutnya tingkap jorong dan rumah siput juga ikut bergetar. Demikian juga dengan cairan limfa yang ada didalam rumah siput. Getaran cairan limfa merangsang ujung-ujung saraf. Ujung-ujung saraf menyampaikan rangsang bunyi ke otak. Dengan demikian, kita dapat mendengar bunyi.
  5. Kelainan dan Cara Merawat Telinga
    • Kelainan pada telinga
      1. Tuli
      2. Orang yang tidak dapat mendengar disebut tuli. Tuli dapat diderita sejak lahir. Akan tetapi, tuli juga bisa terjadi setelah dewasa. Tuli yang dialami seseorang sejak lahir menyebabkan orang tersebut tidak dapat bicara. Tuli yang dialami setelah dewasa gendang telinga dan saraf-saraf pendengaran rusak.
      3. Penyakit congek
      4. Penyakit congek berupa keluarnya cairan berbau busuk dari dalam telinga akibat terjadi radang pada telinga bagian dalam.
      5. Bisul
      6. Bisul atau luka dapat terjadi didalam telinga akibat infeksi.
    • Cara merawat telinga
    • Kesehatan telinga perlu dijaga agar kita dapat mendengar dengan baik. Hal yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.
      1. Menjaga kebersihan telinga agar lubang telinga tidak tersumbat.
      2. Menghindari bunyi yang terlalu keras atau bising.
      3. Segera pergi kedokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan) apabila telinga sering berdenging.

Blog, Updated at: 15:44

0 komentar:

Post a Comment